PENGARUH PENDEKATAN PROSES BERVISI SETS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA KOMPETENSI TERKAIT KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Istikomatul Fatonah, 4301411085 (2015) PENGARUH PENDEKATAN PROSES BERVISI SETS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA KOMPETENSI TERKAIT KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411085-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan proses bervisi SETS dan mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa. Kompetensi yang dipakai dalam penelitian ini adalah kompetensi terkait kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kradenan tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Pengaruh antar variabel dicari menggunakan persamaan persamaan r-product moment sementara peningkatan keterampilan proses sains dicari dengan persamaan N-Gain. Hasil uji N-gain dari data pretes dan postes menunjukkan dari kesembilan proses sains yang diteliti, jumlah siswa yang mendapat kriteria N-gain sedang hingga tinggi dikelas eksperimen lebih banyak dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji korelasi data postes kedua kelas menunjukkan bahwa pendekatan proses bervisi SETS memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa dengan harga rxy sebesar 0,2. Pengaruh tersebut sebesar 4%. Berdasarkan hasil analisis data ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan proses bervisi SETS berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa pada kompetensi terkait kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil analisis deskriptif lembar angket menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan proses bervisi SETS dalam pembelajaran mendapatkan tanggapan positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains; pendekatan proses; visi SETS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:03
Last Modified: 14 Nov 2015 00:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22446

Actions (login required)

View Item View Item