ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA’ 01 BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG


Sri Andriani, 7101410183 (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA’ 01 BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410183-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan terkait kualitas pelayanan administrasi, dapat terlihat bahwa sumber daya manusia yang menangani masalah administrasi masih sangat terbatas, yakni hanya empat orang di bagian tata usaha. Ruangan yang dinilai masih terlalu sempit dan belum tertata dengan rapi, fasilitas yang disediakan dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang masih perlu dilengkapi sehingga kualitas pelayanan administrasi yang diberikan masih kurang maksimal. Padahal untuk mewujudkan suatu lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan kemajuan jaman dirasa perlu meningkatakan kualitas pelayanan administrasi yang diberikan kepada siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan administrasi sehingga diperoleh kendala dan upaya-upaya yang dilakukan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan cara purposive sampling dan snowball sampling sebagai tekniknya. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, kesiswaan, humas, sarana prasarana, dan tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi pada Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ 01 Banyuputih dinilai masih kurang maksimal. Pelayanan administrasi yang diberikan kurang sesuai dengan harapan dan masih terdapat berbagai kendala yang perlu diperbaiki. Keterbatasan sumber daya manusia, ruangan, fasilitas dan keuangan menjadi kendala utama. Selain itu kemampuan personel yang sesuai dengan bidangnya sangat terbatas. Kualitas pelayanan perlu ditingkatkan demi tercapainya tujuan pendidikan. Simpulan dari penelitian ini mengenai kualitas pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ 01 Banyuputih masih kurang maksimal. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) siswa meningkatkan kebersihan kelas dengan mengoptimalkan piket kelas. 2) Pegawai diberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidangnya untuk meningkatkan ketrampilan. 3) Disediakan pula kotak saran sebagai media untuk mengetahui sejauh mana pelayanan telah diberikan dengan baik, maupun keluhan yang disampaikan oleh penerima layanan. 4) Kontribusi dari orang tua murid dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi salah satunya dengan menghadiri undangan pertemuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Administrasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:56
Last Modified: 13 Nov 2015 23:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22443

Actions (login required)

View Item View Item