PROSES DAN DAMPAK PELATIHAN PEMBUATAN BULU MATA PALSU BAGI PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI KELURAHAN PURBALINGGA LOR KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA


Pradiansyah Arfan, 1201410040 (2015) PROSES DAN DAMPAK PELATIHAN PEMBUATAN BULU MATA PALSU BAGI PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI KELURAHAN PURBALINGGA LOR KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201410040-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tentang proses pelatihan pembuatan bulu mata palsu di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga dan dampak pelatihan pembuatan bulu mata palsu di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Permasalahan penelitian adalah: (1) Bagaimana proses pelatihan pembuatan bulu mata palsu bagi pemuda putus sekolah di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. (2) Bagaimanakah dampak dari pelatihan pembuatan bulu mata palsu bagi pemuda putus sekolah di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui proses pelatihan pembuatan bulu mata palsu bagi pemuda putus sekolah di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. (2) Mengetahui dampak dari pelatihan pembuatan bulu mata palsu bagi pemuda putus sekolah di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Jalan Lingkar Utara No.42 Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah melalui empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Subyek penelitian berjumlah 5 orang, antara lain 1 orang pimpinan pelatihan, 1 orang lurah dan 3 orang warga belajar. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, selanjutnya dilakukan analisis data. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah 1) Dari proses pelatihan pembuatan bulu mata palsu warga belajar dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan berjalan dengan lancar. 2) Dampak sosial dapat mempengaruhi warga belajar semakin komunikatif dan percaya diri. Sedangkan dampak ekonomi dapat mempengaruhi perekonomian warga belajar semakin bertambah. Berdasarkan simpulan tersebut saran yang diberikan adalah: 1) Kepada Tutor yang melatih sebaiknya dapat memotivasi dan memberikan gambaran yang menarik setelah mengikuti pelatihan agar warga belajar lebih bersemangat untuk mengikuti pelatihan. 2) Kepada warga belajar sebaiknya memperhatikan dengan serius apa yang telah diajarkan oleh tutor pada saat praktek pembuatan bulu mata palsu agar warga belajar dapat menghasilkan bulu mata palsu yang baik sehingga bisa langsung bekerja pada PT. Tiga Putra Abadi Perkasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Miskin, Pemuda Putus Sekolah, Pengangguran, Pelatihan, Bulu Mata Palsu.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:55
Last Modified: 21 Nov 2015 22:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item