PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KESIAPAN BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA. NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG

Luluk Lutviana, 7101410118 (2014) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KESIAPAN BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA. NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang yang berasal dari dalam maupun dari luar sehingga mengakibatkan seseorang melakukan suatu hal untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi diperlukan untuk membantu proses kegiatan belajar siswa sehingga hasil yang dicapai maksimal. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh lingkungan keluarga, kesiapan belajar, dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di MA. NU Raudlatul Muallimin Wedung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga, kesiapan belajar, dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di MA. NU Raudlatul Muallimin Wedung secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di MA. NU Raudlatul Muallimin Wedung yang berjumlah 76 siswa. Semua siswa sejumlah 76 dijadikan sampel dalam penelitian ini. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu lingkungan keluarga, kesiapan belajar, disiplin belajar, dan motivasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda, analisis uji asumsi klasik dan analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y = 5.555 + 0.229X1 + 0.265X2 + 0.761X3. Ada pengaruh secara simultan sebesar 67,0%, sedangkan pengaruh secara parsial untuk lingkungan keluarga sebesar 6,708%, kesiapan belajar sebesar 8,41%, dan disiplin belajar sebesar 44,756%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh lingkungan keluarga, kesiapan belajar, dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS MA. NU Raudlatul Muallimin Wedung secara simultan maupun parsial. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan lebih sering membaca-baca buku ekonomi untuk menambah pengetahuan serta lebih rajin dalam belajar meskipun tidak ada PR atau ulangan. Guru harus sering mengadakan tes tanpa pemberitahuan juga memberikan poin / nilai bagi siswa yang bisa menjawab agar memacu siswa rajin belajar secara rutin. Selain itu, siswa harus membiasakan diri berlatih mengerjakan soal-soal ekonomi di buku / modul / LKS di rumah maupun di sekolah serta siswa rajin mencari materi / soal-soal tambahan dari berbagai sumber untuk mengasah kemampuan dan menambah pengetahuan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 18:51
    Last Modified: 13 Nov 2015 18:51

    Actions (login required)

    View Item