PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2013)

Akbar Kharisma, 7211411160 (2015) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1187Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap praktik perataan laba. Indikator yang digunakan untuk mengukur mekanisme corporate governance dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit. Sedangkan perataan laba sebagai variabel dependen diukur menggunakan Indeks Eckel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi seluruh perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2013. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap praktik perataan laba, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap praktik perataan laba, komisaris independen tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba, komite audit tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba, kualitas audit tidak memiliki pengaruh terhadap praktik perataan laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap praktik perataan laba. Simpulan dari penelitian ini terdapat dua variabel yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap praktik perataan laba, yaitu kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan. Empat variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap praktik perataan laba, yaitu kepemilikan manajerial, komisaris indepeden, komite audit, dan kualitas audit. Saran dalam penelitian selanjutnya diharapkan mengganti indicator kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit dan kualitas audit. Perusahaan perlu meningkatkan kepemilikan insitusioanal untuk mengurangi praktik perataan laba dan investor dapat melihat ukuran perusahaan dalam menentukan investasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: perataan laba, corporate governance, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit, kualitas audit, ukuran perusahaan.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 18:51
    Last Modified: 13 Nov 2015 18:51

    Actions (login required)

    View Item