PERANAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENDIDIK DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA “Suatu kajian terhadap ibu-ibu pedagang emping melinjo di Desa”


Miftah Rizkyana Huda , 1201408040 (2015) PERANAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENDIDIK DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA “Suatu kajian terhadap ibu-ibu pedagang emping melinjo di Desa”. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201408040-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam keluarga, ibu berperan paling dominan, tidak hanya mengurus keluarga dan aktivitas rumah tangga tapi juga membantu perekonomian keluarga. Hal itu dilakukan agar tercapainya keluarga yang sejahtera. Pendidikan anak merupakan salah satu ciri kesejahteraan keluarga. Jika pendidikan anak terpenuhi dengan baik, itu merupakan wujud dari kesejahteraan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi keluarga ibu pedagang emping melinjo, (2) Mendeskripsikan peran ibu pedagang emping melinjo dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak, dan (3) Mendeskripsikan faktor penghambat ibu pedagang emping melinjo dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak di Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah ibu-ibu pedagang emping melinjo di Desa Sojomerto yang mempunyai anak usia sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian sebagai pengurus rumah tangga dan juga membantu ekonomi keluarga dengan berdagang emping melinjo meningkatkan kondisi sosial ekonomi keluarga mereka. Dengan kondisi sosial ekonomi yang meningkat, mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup seharihari dan juga kebutuhan pendidikan anak. Hal tersebut meliputi pemenuhan kebutuhan keluarganya berupa sandang, pangan, dan papan, kesehatan,dan pendidikan anak. Faktor penghambat mereka dalam pemenuhan pendidikan anak yaitu pembagian waktu antara pekerjaan dan mengurus keluarga, serta masalah ekonomi.1.Saran yang diberikan sebagai berikut: Membagi waktu untuk usaha, untuk keluarga, serta mengoptimalkan kemampuan diri untuk mendidik dan membesarkan anak. 2.Berusaha rutin menyisihkan pendapatan untuk ditabung guna keperluan pendidikan anak. 3. Melakukan inovasi dalam berdagang emping melinjo, misalnya dengan dengan membuat kemasan yang lebih menarik dan lain sebagainya untuk meningkatkan penjualan. 4. Kepada pemerintah daerah agar melakukan langkah-langkah yang strategis untuk menjamin kelangsungan usaha para pedagang emping melinjo melalui peraturan daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran ibu, kesejahteraan keluarga, pendidikan anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:39
Last Modified: 21 Nov 2015 22:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22431

Actions (login required)

View Item View Item