Keefektifan Penereapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Sulang Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar
Fitria Yuni Astuti, 4101405557 (2009) Keefektifan Penereapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Sulang Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Penereapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Sulang Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)
- Published Version
Download (21MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sulang masih menggunakan metode ekspositori. Pada pembelajaran dengan metode ekspositori ini, banyak peserta didik yang kurang tertarik terhadap pelajaran yang disampaikan guru. Peserta didik cenderung pasif dalam menerima pelajaran. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sulang yang monoton dan membosankan peserta didik mengakibatkan rata-rata hasil belajar peserta didik rendah. Dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang rendah mengakibatkan sebagian besar peserta didik SMP 2 Sulang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang pada materi pokok bangun ruang sisi datar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe:1. TGT dan TAI dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM);2. TGT lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang pada materi pokok bangun ruang sisi datar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang pada materi pokok bangun ruang sisi datar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibandingkan dengan tipe TAI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII D yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI. Pada akhir pembelajaran, sampel diberi tes hasil belajar kemudian nilai tes dianalisis untuk mengetahui apakah populasi berdistribusi normal, homogenitas, ketuntasan dan kesamaan rata-rata kelompok sampel. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelompok TGT dan TAI telah mencapai skor 72 atau telah mencapai ketuntasan belajar. Dari perhitungan hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata nilai tes hasil belajar kelompok TGT lebih besar dari rata-rata nilai tes hasil belajar kelompok TAI. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TAI dapat mencapai ketuntasan belajar, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Disarankan bagi guru SMP N 2 Sulang, hendaknya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pokok bangun ruang sisi datar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran tipe TGT, model pembelajaran tipe TAI, hasil belajar dan bangun ruang sisi datar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2011 03:42 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2243 |
Actions (login required)
View Item |