DETERMINAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE GO PUBLIC DI INDONESIA


Fani Karina , 7211411158 (2015) DETERMINAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE GO PUBLIC DI INDONESIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211411158-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (952kB) | Preview

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva, maupun modal sendiri. Profitabilitas yang diproksikan melalui Return on Asset (ROA) pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih bersifat fluktuatif. Nilainya mengalami kenaikan dan penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (size), perputaran piutang, debt to equity ratio, dan market capitalization terhadap profitabilitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011 – 2013. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang masuk kriteria sebanyak 28 perusahaan dengan 79 unit analisis. Metode analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size), debt to equity ratio, dan market capitalization memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan, perputaran piutang memiliki hubungan yang positif terhadap profitabilitas. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah mengambil variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini, yang mana memiliki potensi untuk mempengaruhi profitabilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan (Size), Perputaran Piutang, Debt to Equity Ratio, Market Capitalization.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:43
Last Modified: 13 Nov 2015 23:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item