PENGARUH FASILITAS KANTOR, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG

Rupik Arofah, 7101410100 (2014) PENGARUH FASILITAS KANTOR, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN TULIS KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Kinerja adalah suatu hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai meliputi faktor internal pegawai, faktor lingkungan internal organisasi, dan faktor lingkungan eksternal organisasi. Berdasarkan hasil observasi awal, ada indikator bahwa kinerja perangkat desa di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang masih rendah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh 1) fasilitas kantor terhadap kinerja perangkat desa? 2) motivasi kerja terhadap kinerja perangkat desa? 3) disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa? 4) fasilitas kantor, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa?. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang yang berjumlah 180 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling, berjumlah 125orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan regresi. Pengaruh fasilitas kantor terhadap kinerja perangkat desa adalah 71,9% dalam kategori baik, sedangkan pengarug motivasi kerja terhadap kinerja perangkat desa adalah 70,8% dalam kategori baik, dan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa adalah 70,3% dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara fasilitas kantor, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang baik secara simultan maupun parsial. Adapun secara simultan yang dibuktikan dengan uji F diperoleh F hitung sebesar 131,037 dengan signifikansi 0,000<0,05 dan secara parsial yang dibuktikan dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 4,797 dengan signifikansi 0,000<0,05 untuk variabel fasilitas kantor (X1), 2,626 dengan signifikansi 0,010<0,05 untuk variabel motivasi kerja (X2), dan 5,848 dengan signifikansi 0,000<0,05 untuk variabel disiplin kerja (X3). Besarnya pengaruh antara fasilitas kantor, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang secara simultan 75,9 % dan sisanya sebesar 24,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh 1) fasilitas kantor terhadap kinerja perangkat desa, 2) motivasi kerja terhadap kinerja perangkat desa , 3) disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa 4) fasilitas kerja, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Saran dalam penelitian ini: 1) untuk perangkat desa dapat menyimpan arsip di lemari yang disediakan, 2) untuk Kepala desa menumbuhkan motivasi perangkat desa dengan mengusulkan memberikan insentif kepada perangkat desa, 3) untuk Kepala desa memberikan sanksi kepada perangkat desa yang tidak disiplin waktu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Fasilitas Kantor, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 18:40
    Last Modified: 13 Nov 2015 18:40

    Actions (login required)

    View Item