PROSES PROGRAM PELATIHAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA CACING DAN PENDIDIKAN KELUARGA BERWAWASAN GENDER DI DUSUN GELAP DESA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Muamar Husaini , 1201408035 (2015) PROSES PROGRAM PELATIHAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA CACING DAN PENDIDIKAN KELUARGA BERWAWASAN GENDER DI DUSUN GELAP DESA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201408035-s.pdf]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses Program Pelatihan Pemberdayaan masyarakat yang telah diimplementasikan pemerintah melalui Dinas Pendidikan mulai tahun 2013 dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sebagai subjek sekaligus objek pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan identifikasi kebutuhan pemberdayaan masyarakat melalui Budidaya Cacing dan Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, (b) mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan kegiatan budidaya cacing dan pendidikan keluarga berwawasan gender (c) dampak pemberdayaan yang dilaksanakan. (d) Evaluasi program pelatihan pemberdayaan masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 1 pihak penyelenggara dan 10 warga belajar budidaya cacing dan pendidikan keluarga berwawasan gender. Analisis yang digunakan adalah model evaluasi kirtpatrick dan CIPP dan pendekatan triangulasi untuk menguatkan evaluasi program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses program pelatihan pemberdayaan melalui Budidaya Cacing dan Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender: (a) Identifikasi kebutuhan program; Mengetahui Prioritas kebutuhan program, Tujuan program, Penentuan metode program, dan Daya dukung program (b) Pelaksanaan Program; mengetahui Persiapan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Kehadiran warga belajar, Penguasaan materi, Interaksi pembelajaran, Penggunaan media dan Penggunaan metode (c) Dampak Program; Mengetahui Hasil terhadap warga belajar, Kemungkinan tindak lanjut program , Upaya kebutuhan baru muncul, Potensi-potensi pengembangan program dan Modifikasi program. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa : (a) Identifikasi kebutuhan program kiranya perlu dilakukan jauh sebelum program dilaksanakan dan ditingkatkan dalam penentuan kebutuhan program yang sesuai dengan warga belajar. (b) Hasil pelatihan dan pendidikan program agar lebih ditingkatkan, terutama dalam pelaksanaan program pendidikan keluarga berwawasan gender yang kurang optimal dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, dan Pemberdayaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:34
Last Modified: 13 Nov 2015 23:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item View Item