PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORY TELLING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Pipit Varaningtiyas, 4301411061 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORY TELLING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Blora diketahui bahwa pembelajaran kimia masih bersifat teacher centered. Semangat belajar siswa yang rendah serta siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi masih sangat kurang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, serta respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Blora. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Research and Development dilaksanakan melalui beberapa langkah yang telah dimodifikasi yaitu meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi I produk, uji coba skala besar, revisi II produk, dan produk final. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru, lembar soal kognitif, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli diperoleh skor dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa berturut-turut adalah 59, 48, dan 36. Hasil analisis data kognitif diperoleh rerata N-gain sebesar 0,736 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Rerata skor respon siswa pada uji coba skala kecil dan skala besar berturut-turut sebesar 39 dan 47. Rerata skor angket respon guru adalah 55. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa berada pada kriteria sangat layak. Hasil angket respon siswa dan guru juga menunjukkan bahwa keduanya memberikan respon yang sangat baik. Selain itu hasil belajar kognitif juga mencapai hasil yang sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Digital Story Telling berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa serta sangat baik diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital Story Telling, PBL, pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:53
Last Modified: 13 Nov 2015 23:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22422

Actions (login required)

View Item View Item