PENDUGAAN PERSEBARAN AIR BAWAH PERMUKAAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER-SCLUMBERGER DI DESA TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN


Annisa Patria Yuristina, 4250408015 (2015) PENDUGAAN PERSEBARAN AIR BAWAH PERMUKAAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER-SCLUMBERGER DI DESA TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4250408015-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber daya penting dalam penyediaan air di seluruh dunia sehingga permintaan air tanah semakin membesar setiap tahunnya, Keadaan ini dapat menyebabkan kekurangan akan air tanah diberbagai daerah, sehingga perlu untuk diadakan penaksiran yang tepat akan letak potensi air tanah yang terbesar. Dari masalah tersebut maka skripsi ini mengangkat topikPendugaaan Persebaran Air Bawah Permukaan dengan Metode Geolistrik Konfigurasi Wenner Schlumberger di Desa Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Desa Tanggungharjo, penggunaan sumur galian telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dengan kedalaman sekitar 5-18 meter. Namun beberapa sumur dengan kedalaman 6 meter tidak dapat memenuhi kebutuhan air disebabkan keringnya air sumur saat musim kemarau. Masyarakat di daerah tersebut tidak mengetahui sebaran dan kedalaman air tanah. Tujuan penelitian untuk mengetahui penyebaran dan kedalaman air tanah sumur galian.Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah penelitian geolistrik konfigurasi Wenner-Schlumberger dengan 4 lintasan di daerah tersebut. Hasil menunjukkan lapisan dengan interval resistivitas 200-550 Ωm merupakan lapisan kerikil dan batu gamping. Lapisan dengan interval resistivitas 50-200 Ωm merupakan kerikil, lempung dan pasir. Lapisan yang memiliki interval resistivitas 0,4-50 Ωm terdapat lapisan tanah,lempung dan lempung basah.Dari hasil penelitian diperoleh lintasan yang paling berpotensi mengandung air bawah permukaan adalah lokasi dengan titik koordinat S 07o05’25.9”, E 110o36’10.3” dengan kedalaman air tanah 6,76-13,4 m.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Geolistrik,Air Bawah Permukaan , Wenner-Schlumberger
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:32
Last Modified: 13 Nov 2015 23:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22421

Actions (login required)

View Item View Item