EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KEJAMBON 2 KOTA TEGAL


Nunie Setyaningsih , 1102410056 (2015) EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KEJAMBON 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410056-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru menjadi sorotan yang penting dalam implementasi kurikulum 2013, kompetensi guru sangat berpengaruh dalam penerapan Kurikulum 2013 meliputi wawasan Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Ini dikarenakan guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya kemampuan guru dalam pemahaman konsep, perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penilaian dan pembuatan soal menjadikan perlunya evalausi tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kompetensi yang dimiliki guru mulai dari pemahaman Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan informan purposive sampling dilanjutkan snowball sampling. Informan berjumlah 4 guru kelas, 1 kepala sekolah dan 8 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan secara diskriptif dan disajikan dalam bentuk peresentase dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru kelas memiliki pemahaman dan wawasan yang sangat baik dalam memahami konsep dan isi dari Kurikulum 2013; (2) kemampuan guru dalam merancang RPP sudah baik; (3) dalam Proses Belajar Mengajar, guru kelas memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan pendekatan saintifik dan menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan berkarakter terpadu; (4) guru mampu merancang rambu-rambu penilaian untuk menentukan jenis penilaian autentik yang akan digunakan. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah perlu adanya peningkatan pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi yang dilakukan pemerintah, hendaknya pelaksanaannya dilakukan secara berkala dan menyeluruh di setiap komponen pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kompetensi Guru, Implementasi Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:30
Last Modified: 13 Nov 2015 23:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item