PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) SISWA SMAN 10 SEMARANG


Intan Fadhila, 4301411059 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) SISWA SMAN 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411059-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap mata pelajaran kimia sulit. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Pada proses pembelajarannya, siswa masih pasif dan kesulitan untuk menganalisis permasalahan. Sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa juga masih rendah. Oleh sebab itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya adalah pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pembelajaran kolaboratif siswa terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) siswa SMAN 10 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sedangkan kelas kontrol adalah XI IPA 2. Desain penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group design. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal kelas eksperimen adalah 31,58% sedangkan kelas kontrol adalah 19,44%. Besarnya kontribusi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah adalah sebesar 9,31%. Pada aspek afektif, dan psikomotorik, kelas eksperimen lebih memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pada aspek berpikir kreatif, kelas eksperimen mempunyai tingkatan berpikir kreatif yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif berbasis masalah berkontribusi positif terhadap hasil belajar kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) Siswa SMAN 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Kolaboratif, Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:29
Last Modified: 13 Nov 2015 23:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item