KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKASI DENGAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN IPA MENGENAL BERBAGAI BENDA LANGIT DI KELAS 1 SD N 2 WERGU KULON KUDUS


Fatikhatun Najikhah , 1102410045 (2015) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKASI DENGAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN IPA MENGENAL BERBAGAI BENDA LANGIT DI KELAS 1 SD N 2 WERGU KULON KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410045-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sebagai suatu cara atau teknik pembelajaran yang sangat menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) menyusun rancangan MPI game edukasi dengan Adobe Flash untuk pembelajaran IPA siswa kelas 1 di SD N 2 Wergu Kulon Kudus. (2) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA mengenal berbagai benda langit dengan memanfaatkan MPI game edukasi pada siswa kelas 1 di SD N 2 Wergu Kulon Kudus. (3) mendiskripsikan keefektifan pembelajaran menggunakan MPI game edukasi siswa kelas 1 di SD N 2 Wergu Kulon Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan pola The One Group pretest-posttest design.Populasi dalam penilaian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD N2 Wergu Kulon Kudus tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 15 siswa. Teknik pengeumpulan data menggunakan 4 metode yaitu (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi, (4) angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk MPI game edukasi dengan Adobe Flash yang telah dikembangkan dapat dikatakan sudah baik. Mulai dari tampilan, interaktifitas, dan fasilitasfasilitas yang tersedia sudah memenuhi kriteria sebuah pembelajaran yang baik. Pelaksanaan pembelajaran tema peristiwa alam sub topik mengenal berbagai benda langit dengan memanfaatkan MPI game edukasi menunjukkan hasil yang baik dan efektif, yang ditunjukkan adanya peningkatan penilaian kegiatan guru maupun kegiatan yang siswa selama proses pembelajaran pada pembelajaran menggunakan MPI game edukasi dibandingkan dengan pada saat pembelajaran biasa sebelum dilakukan penelitian dengan rata-rata nilai 62,78 pada sebelum dilakukan model pembelajaran menggunakan MPI game edukasi menjadi 75,56 setelah dilakukan model pembelajaran menggunakan MPI game edukasi dengan peningkatan sebesar 12,78%. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya dalam menyampaikan materi sebaiknya disertai dengan media berbasis komputer yang lainnya, sehingga membantu guru dalam penyampaian materi kepada siswa. Dengan demikian proses pembelajaran akan lebih efektif, efisien dan menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, Hasil Belajar IPA, Multimedia Interaktif Game Edukasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:26
Last Modified: 13 Nov 2015 23:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22412

Actions (login required)

View Item View Item