PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY BERPENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Bhakti Kharismawan, 4301410046 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY BERPENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301410046-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif course review horay berbasis problem posing terhadap peningkatan hasil belajar siswa terkait materi perhitungan kimia. Model pembelajaran kooperatif course review horay berbasis problem posing merupakan model yang dapat membuat siswa berpikir aktif dalam mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest design dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Uji statistika yang digunakan adalah uji t, korelasi dan koefisien determinasi. Ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen adalah 35 siswa tuntas dari 38 siswa dan kelas kontrol 22 siswa tuntas dari 38 siswa. Uji korelasi diperoleh angka korelasi sebesar 0,51 dan uji koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 26%. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif course review horay berbasis problem posing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terkait materi perhitungan kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay; kooperatif; Problem Posing.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:24
Last Modified: 13 Nov 2015 23:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22411

Actions (login required)

View Item View Item