PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Aulia Safitri, 4301411057 (2015) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan sistem kurikulum yang menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran dan mampu belajar secara mandiri karena adanya keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa selama proses belajar mandiri dan mampu mampu meningkatkan peran siswa dalam menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia SMA berbasis inkuiri terbimbing yang teruji valid dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga serta mendapat respon positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan rancangan penelitian pengembangan ini yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian pengembangan ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dengan cara menghitung persentase skor dan menentukan kriteria pada kelas interval tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul memperoleh persentase skor validasi sebesar 86,50% sehingga dinyatakan valid. Modul dinyatakan efektif karena 87,50% dari jumlah siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada tes kognitif serta hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa mendapat predikat baik. Selain itu, data angket tanggapan siswa dan guru menunjukkan bahwa modul mendapat respon baik dari penggunanya dengan persentase skor sebesar 86,63%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul kimia SMA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan teruji valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga serta mendapat respon positif dari guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Larutan Penyangga, Modul |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | titin fitriyani unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 23:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 23:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22405 |
Actions (login required)
View Item |