KEKREATIFAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VII SMP NEGERI 01 GABUS PATI


Asrofi Saiful Hidayad , 1102410005 (2015) KEKREATIFAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VII SMP NEGERI 01 GABUS PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410005-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Kekreatifan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 1 Gabus Pati. Penelitian ini diawali dari permasalahan yang sedang berkembang dalam dunia pendidikan yaitu tentang pergantian kurikulum 2013 untuk SMP yang mengharuskan guru untuk kreatif yang akan terlaksana di berbagai SMP. Sedangkan untuk SMP Negeri 1 Gabus sudah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 sejak awal pergantian kurikulum terjadi yaitu pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kekreatifan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 1 Gabus, yaitu bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan menggunakan teknik: triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan interactive model : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) perencanaan, guru di SMP N 1 Gabus ini dituntut untuk aktif dan kreatif mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tema yang diajarkannya, yang dijabarkan dalam progam pembelajaran berupa RPP yang dibuat sesuai silabus yang sudah ditetapkan menurut kurikulum 2013 dan membuat rencana mingguan untuk satu tema dalam perencanaan maupun penilaian serta perangkat pembelajaran. Sebelum membuat rancangan mingguan terlebih dahulu guru membuat kerangka pembelajaran dalam bentuk RPP yang tersusun satu tema atau topik memuat beberapa bagian muatan dalam IPA seperti biologi, fisika, dan kimia, 2) tahap melaksanakan pembelajaran dilakukan didalam kelas dengan suasana KBM yang interaktif sesuai kekreatifan guru yang mengajar, sehingga dapat menghasilkan siswa yang kreatif dan inovativ dalam berfikir, kemudian guru beserta siswa melakukan kegiatan diluar kelas sesuai tema yang dibahas atau ke lokasi dimana memperlihatkan secara langsung apa yang mereka dapatkan dari teori yang telah dijelaskan guru, jadi terdapat perpaduan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru didalam ruangan untuk pengayaan dengan kegiatan di luar kelas. 3) tahap mengevaluasi, evaluasi yang dilakukan guru menggunakan evaluasi berbasis kelas yang sesuai kurikulum 2013, berupa: tes tertulis, tes lesan, penilaian sikap, dan penilaian otentik berupa tugas keterampilan dan kegiatan portofolio.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kekreatifan guru, kurikulum 2013, pembelajaran IPA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:17
Last Modified: 13 Nov 2015 23:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22404

Actions (login required)

View Item View Item