PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CHEMBALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA


Candratama Indar Septianto, 4301411055 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CHEMBALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411055-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar kimia dengan menerapkan pembelajaran koperatif tipe STAD berbantuan chem ball. Tahapan dalam penelitian dimulai dari perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan tindakan (observing), dan refleksi tindakan (reflecting). Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus dengan subyek penelitian adalah 23 siswa kelas X Teknik Permesinan 1 SMK Negeri 1 Mandiraja Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Bentuk instrumen penelitian yang digunakan yaitu kartu diskusi siswa, lembar pengamatan aktivitas dan afektif siswa, media evaluasi chemball, soal tes akhir siklus I, soal tes akhir siklus II dan soal tes akhir siklus III serta perangkat pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan meliputi data informasi tentang keadaan siswa dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif. Aspek kualitatif berupa data hasil observasi, wawancara, kajian dokumen atau arsip dengan berpedoman pada lembar pengamatan dan pemberian angket yang menggambarkan proses pembelajaran di kelas. Aspek kuantitatif yang dimaksud adalah hasil penilaian belajar dari materi pokok ikatan kimia berupa nilai yang diperoleh siswa dari tes kognitif. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, maka keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Achivement Division (STAD) berbantuan media Chemball mengalami peningkatan sehingga tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa juga turut meningkat karena siswa mengalami sendiri setiap kegiatan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II yaitu 52,38 % menjadi 75 % pada siklus III. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Chemball dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Permesinan 1 SMK Negeri 1 Mandiraja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: chemball; hasil belajar; penelitian tindakan kelas; STAD
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:14
Last Modified: 13 Nov 2015 23:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22401

Actions (login required)

View Item View Item