PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS ATAU KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 2 MAGELANG


Ishri Arju Syafangah, 4301411020 (2015) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS ATAU KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas atau ketuntasan belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Magelang. Metode yang digunakan adalah metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian persentase aktivitas belajar siswa siklus 2 pada aspek memperhatikan penjelasan guru atau teman, berpendapat saat pembelajaran, bertanya saat pembelajaran, mampu maju untuk menjawab soal atau masalah yang diberikan guru, mampu menanggapi pertanyaan atau pendapat, mampu mengambil keputusan atau kesimpulan, dan berani mempresentasikan hasil diskusi di depan teman-teman berturut-turut adalah 99,1; 67,9; 75,0; 75,9; 67,9; 76,8; dan 81,3. Hasil tersebut lebih tinggi daripada persentase aktivitas belajar siswa pada kegiatan pra siklus dan siklus 1. Sedangkan siswa yang tuntas belajarnya mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturutturut adalah 7, 12, 22 dari 28 siswa. Jadi, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Magelang. The purpose of this study is to determine the increase of learning activities or mastery learning on XI MIA 3 students of State Senior High School 2 of Magelang. The method used is cooperative learning Student Teams Achievement Division (STAD) type. This study design is Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles. There are four stages at each cycle, planning, implementation, observation, and reflection. The result showed the percentage of student learning activities in the cycle 2 at pay attention to the teacher’ or friends’ explanaton, argued during the lesson, ask during the lesson, capable of advancing to answer the questions or problems by the teacher, be able to respond the questions or concerns, be able to take a decision or conclusion, boldly presented the results of discussions in front of friends in a row are 99,1; 67,9; 75,0; 75,9; 67,9; 76,8; and 81,3. The result is higher than the percentage of students’ learning activities in pre-cycle andcycle 1. While, the students who completed the learning from pre-cycle, cycle 1, and cycle 2 are respectively 7, 12, 22 of 28 students. So, the using of cooperative learning STAD type can increase the activity and mastery learning of XI MIA 3 students at State Senior High School 2 of Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, ketuntasan belajar, metode kooperatif, STAD. cooperative learning, learning activities, mastery learning, STAD.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:15
Last Modified: 13 Nov 2015 23:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22400

Actions (login required)

View Item View Item