PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SUB BAGIAN TATA PEMERINTAHAN PADA PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DI KANTOR KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN


Nartika Puspita Febriarti, 7101410074 (2015) PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SUB BAGIAN TATA PEMERINTAHAN PADA PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DI KANTOR KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410074-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan pada suatu organisasi atau lembaga yang diberikan oleh pegawai merupakan cerminan dari sikap pegawai terhadap pengunjung. Kualitas layanan apabila dikelola dengan tepat akan berkontribusi positif terhadap terwujudnya kepuasan dan loyalitas masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik t dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor yang tersedia di Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Berdasarkan hasil observasi awal, ada indikator bahwa kualitas pelayanan di kantor kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen masih rendah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah: (1) disiplin kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan?, (2) kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan?, (3) fasilitas kantor berpengaruh terhadap kualitas pelayanan?, (4) disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga se-kecamatan Mirit tahun 2014 yaitu sebanyak 11.737 jiwa, kemudian diambil sampel berjumlah 100 pengunjung yang didapat dari rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Relase 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 9.499 + 0.222X1 + 0.449X2 + 0.305X3. Secara parsial (Uji t) variabel disiplin kerja diperoleh signifikansi 0,011, sehingga H1 dinyatakan diterima. Variabel kompetensi pegawai diperoleh signifikansi 0,000, sehingga H2 dinyatakan diterima dan variabel fasilitas kantor diperoleh signifikansi 0,022, sehingga H3 dinyatakan diterima. Uji F menunjukkan bahwa signifikansi 0,000, sehingga H4 diterima koefisien determinasi simultan (R2) antara disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan sebesar 0,589 atau 58,9%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan sub bagian tata pemerintahan pada pembuatan kartu keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Saran dari penelitian ini adalah sanksi untuk pegawai yang kurang disiplin hendaknya dipertegas melalui teguran baik secara langsung maupun secara tertulis agar tindak indisipliner dapat diminimalkan , bagi pegawai agar di dalam menerbitkan Kartu Keluarga (KK) maupun KTP sesuai waktu yang telah dijanjikan, dan ruang tunggu Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen agar ditambah jumlah kursi pengunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Kompetensi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:14
Last Modified: 13 Nov 2015 23:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22397

Actions (login required)

View Item View Item