EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY DENGAN MEDIA MATCH CARD TERHADAP UPAYA PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI KOLOID


Restina Muji Mulyani, 4301411021 (2015) EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY DENGAN MEDIA MATCH CARD TERHADAP UPAYA PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411021-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode discovery dengan media match card terhadap upaya pencapaian kompetensi siswa pada materi koloid. Desain yang digunakan adalah pre-test and post-test control group. Sampel penelitian diambil dua dari lima kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran discovery dengan media match card, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji N-gain. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test siswa pada kelas eksperimen adalah 47,06 dan 80,12 sedangkan nilai kelas kontrol sebesar 44,24 dan 77,82. Hasil uji-t yaitu uji ketuntasan menunjukkan kelas eksperimen dan kelas kontrol sudah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata melebihi KKM. Hasil uji N-gain menunjukkkan terdapat peningkatan dari hasil pre-test dan post-test yaitu pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,624 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,60 dengan kriteria sedang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pembelajaran metode discovery dengan media match card efektif terhadap upaya pencapaian kompetensi siswa pada materi koloid. The purpose of this experimental research was to know effectiveness of discovery method with match card media to students competence accomplishment efforts on learning koloid. The design was a pre-test and post-test control group. The sample taken two of five group as experimental group and control group by using purposive sampling technique. Experimental group using discovery with match card media, while control group using conventional learning. Data collecting are test, observation, and questionnaries. Data analysis technique by t-test and N-gain test. Based on data analysis result, average pre-test and pos-test in experimental group is 47.06 and 80.12 while score in control group is 44.24 and 77.82. t-test result is completeness test indicating experimental group and control group realize learning completeness with average value exceed KKM. N-gain test result indicating there was an increase from the pre-test and post-test, the experimental group has increased by 0.624 and grade control group by 0.60 with the medium criteria. Descriptive analysis showed that the value of affective and psychomotor experimental group better than the control group. Based on these results we can conclude discovery method learning with match card media effective to students competence accomplishment efforts on learning koloid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery, Efektivitas, Kompetensi, Match Card. Competence, Discovery, Effectiveness, Match Card.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:09
Last Modified: 13 Nov 2015 23:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item View Item