INOVASI MODEL PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN AKTIVITAS SISWA
Henik Atul Asiah, 4301411054 (2015) INOVASI MODEL PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN AKTIVITAS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengembangkan model penilaian proses pada pembelajaran kimia, (2) Memperoleh instrumen penilaian proses pada pembelajaran kimia yang layak diterapkan, (3) Memperoleh instrumen penilaian proses pada pembelajaran kimia yang valid dan reliabel, (4) Memperoleh instrumen penilaian proses yang efektif dalam mengukur keterampilan laboratorium siswa, (5) Memperoleh instrumen penilaian proses yang efektif dalam mengukur aktivitas siswa di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian R&D (Research and Development) yang melalui beberapa langkah, yaitu : (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk skala kecil, (7) perbaikan desain, (8) uji coba skala besar, (9) analisis data dan perbaikan, (10) implementasi. Hasil penelitian ini dianalisis untuk mengetahui kriteria, kelayakan, validitas, reliabilitas, dan keefektifannya. Hasil pengembangan dan penelitian ini telah dinyatakan valid dengan skor rata-rata untuk lembar penilaian aktivitas siswa di kelas dan keterampilan laboratorium secara berurutan yaitu 59,67; 58,67 dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti instrumen penilaian proses layak digunakan. Angket tanggapan guru serta observer menunjukkan bahwa kriteria instrumen penilaian proses sangat baik dengan skor rata-rata 51,4 pada uji coba skala kecil, 53 pada uji coba skala besar, dan 53,4 pada tahap implementasi. Reliabilitas dari hasil uji coba skala kecil untuk lembar penilaian aktivitas siswa di kelas dan keterampilan laboratorium siswa secara berurutan yaitu 0,90; 0,94 untuk materi titrasi asam-basa dan 0,95; 0,93 untuk materi hidrolisis, pada uji coba skala besar yaitu 0,94; 0,96 untuk materi titrasi asam-basa dan 0,95; 0,98 untuk materi hidrolisis, dan pada tahap implementasi yaitu 0,95; 0,97 untuk materi titrasi asam-basa dan 0,96; 0,98 untuk materi hidrolisis, sehingga instrumen penilaian proses dapat dikatakan reliabel. Instrumen penilaian proses juga dikatakan efektif dengan proporsi siswa yang mencapai keterampilan dan aktivitas siswa untuk materi titrasi asam-basa berturut-turut yaitu 8; 8 dari 10 siswa pada uji skala kecil, 22; 21 dari 26 siswa pada uji skala besar, 27; 26 dari 30 siswa pada tahap implementasi, dan untuk materi hidrolisis yaitu 8; 8 dari 10 siswa pada uji skala kecil, 23; 23 dari 26 siswa pada uji skala besar, 28; 27 dari 30 siswa pada tahap implementasi. Simpulan yang diperoleh adalah instrumen penilaian proses yang dikembangkan berada pada kriteria sangat baik, layak, valid, reliabel, dan efektif. This research aims to: (1) Develop a process assessment model on chemistry learning, (2) Obtain the process of learning assessment instruments chemical feasible, (3) Obtain the process of learning assessment instruments are valid and reliable chemistry, (4) Acquire assessment instruments effective process for measuring students' laboratory skills, (5) Obtaining an effective instrument in the assessment process to measure the activity of students in the class. This research was conducted by research R & D (Research and Development), which through several steps, namely: (1) the potential and problems, (2) collect information, (3) the design of the product, (4) design validation, (5) improvement of design, (6) small-scale product trials, (7) improved design, (8) a large scale trial, (9) the data analysis and repair, (10) implementation. Results of this study were analyzed to determine the criteria, eligibility, validity, reliability, and effectiveness. Results of research and development has been declared invalid by the average score for activity assessment sheet students in the classroom and laboratory skills in a sequence that is 59.67; 58.67 with very good category. This means the process of assessment instruments fit for use. Questionnaire responses showed that teachers and observer criteria for assessment instruments is very good process with an average score of 51.4 on a small scale trials, 53 trials on a large scale, and 53.4 in the implementation phase. The reliability of the results of small-scale trials for assessment of student activity sheets in the classroom and laboratory skills of students in a sequence that is 0.90; 0.94 for materials acid-base titration and 0.95; 0.93 for materials hydrolysis, the large-scale trial is 0.94; 0.96 for materials acidbase titration and 0.95; 0.98 for materials hydrolysis, and at the implementation stage is 0.95; 0.97 for materials acid-base titration and 0.96; 0.98 for the hydrolysis of the material, so that the process of assessment instruments can be said to be reliable. Process assessment instruments are also said to be effective with the proportion of students who attain the skills and student activity for acidbase titrations material row is 8; 8 out of 10 students on a small scale test, 22; 21 of 26 students on a large scale test, 27; 26 of the 30 students at the stage of implementation, and for the hydrolysis of the material that is 8; 8 out of 10 students on a small scale test, 23; 23 of 26 students on a large scale test, 28; 27 of the 30 students at the stage of implementation. Conclusions obtained is a process developed assessment instruments currently on the criteria very well, decent, valid, reliable, and effective.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Proses, Keterampilan Laboratorium, Aktivitas Siswa Process Assessment, Skills Laboratory, Student Activities |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | titin fitriyani unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 23:10 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 23:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22394 |
Actions (login required)
View Item |