EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 12 SEMARANG

Ilyasa Fathul Firdaus , 1102407017 (2014) EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2515Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal pembelajaran Sejarah di kelas XI SMAN 12 Semarang masih cenderung menggunakan metode konvensional, dan terlihat masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternatif solusi yaitu penerapan metode mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode pembelajaran mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa pada materi sejarah perkembangan Hindu-Buddha di nusantara pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Dengan teknik random sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas XI-IIS3 dan XI-IIS4. Kemudian XI-IIS4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IIS3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan metode mind mapping. Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 97 dan nilai terendah post-test sebesar 77 dengan rata-rata 87. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 83 dan nilai terendah post-test sebesar 50 dengan rata-rata sebesar 67. Uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,77 dengan kategori tinggi sedangkan uji gain pada kelas kontrol sebesar 0,45 dengan ketegori sedang. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan metode mind mapping lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari metode pembelajaran alternatif seperti metode pembelajaran mind mapping agar siswa lebih mudah memahami materi serta aktif dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Metode Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar siswa.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 18:03
    Last Modified: 13 Nov 2015 18:03

    Actions (login required)

    View Item