PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG


Rina Erla Anasari, 7101410052 (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410052-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Organisasi dalam pencapaian tujuan dengan segala prosesnya membutuhkan peran kepemimpinan. Melalui pemimpin yang cakap dapat melakukan pantauan langsung serta mengarahkan dan memberikan masukan positif bagi pegawainya. Hal ini akan memunculkan minat pegawai untuk bekerja lebih giat dan menghasilkan hasil kerja yang maksimal. Lingkungan kerja perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja, karena instansi yang mempunyai lingkungan kerja yang baik dan nyaman akan memberikan motivasi bagi pegawainya untuk bekerja lebih bersemangat dan bergairah. Selain itu fasilitas kerja juga sangat diperlukan dalam peningkatan kinerja perangkat desa, dengan fasilitas kerja yang lengkap maka diharapkan akan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor sehingga kinerja yang dihasilkan akan menjadi maksimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja, dan fasilitas kantor terhadap kinerja perangkat desa di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa di lingkup wilayah Kecamatan Limpung yaitu sebanyak 189 orang perangkat desa. Sedang sampel yang diambil sejumlah 128 orang perangkat desa yang didapat dari rumus Slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif persentase, analisis regresi linier berganda, analisis uji asumsi klasik, dan analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 3,669 + 0,274X1 + 0,271X2 + 0,268X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung= 48,377 dengan signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari kepemimpinan, lingkungan kerja, dan fasilitas kantor terhadap kinerja perangkat desa yaitu sebesar 52,8%. Sedangkan pengaruh secara parsial atau sendiri-sendiri untuk kepemimpinan yaitu sebesar 9,48%, lingkungan kerja sebesar 9% dan fasilitas kantor sebesar 16,48%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan, lingkungan kerja dan fasilitas kantor terhadap kinerja perangkat desa di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Saran dalam penelitian ini adalah disarankan kepada perangkat desa untuk mengoptimalkan penggunaan jendela sebagai ventilasi udara dan gedung kantor desa di Kecamatan Limpung perlu dilengkapai pengedap suara. Selain itu, disarankan kepala desa melengkapi dan memperbaiki fasilitas sosial yang dirasa masih kurang atau sudah rusak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Fasilitas Kantor, dan Kinerja Perangkat Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:05
Last Modified: 13 Nov 2015 23:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22389

Actions (login required)

View Item View Item