KOMPARASI HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY PADA SISWA KELAS X IPA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI SMAN 1 WIRADESA PEKALONGAN
Febilia Dhita Serfanda, 4301411022 (2015) KOMPARASI HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY PADA SISWA KELAS X IPA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI SMAN 1 WIRADESA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar penggunaan model PBL dan inquiry. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes yaitu pretest dan posttes, dokumentasi untuk mengetahui jumlah populasi, dan foto saat proses pembelajaran, observasi dengan lembar observasi afektif dan psikomotorik. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata dua pihak menunjukkan bahwa t hitung sebesar 1,19 dan t tabel sebesar 1,67 dengan derajat kebebasan 58 dan taraf signifikansi 5%. Sehingga t hitung kurang dari t tabel maka Ho diterima artinya penggunaan model PBL dan inquiry tidak memberikan perbedaan secara signifikan. Penilaian hasil belajar dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pada aspek kognitif, aspek afektif kelas PBL lebih baik daripada kelas inquiry dalam aspek Percaya diri, Komunikatif, dan Kerjasama. Sedangkan perolehan skor pada aspek Kritis, Demokratis, Santun, Antusiasme dan rasa ingin tahu, Tanggung Jawab, Gotong Royong, Spiritual, dan Damai tidak berbeda secara signifikan. Aspek psikomotorik kelas PBL yaitu kemampuan mempertahankan pendapat lebih baik daripada kelas X-IPA 6, dan pada aspek lain yaitu bahan presentasi, pemahaman materi presentasi, dan kelantangan suara tidak berbeda secara signifikan. This research uses comparative aims to determine whether there are differences in learning outcomes and the use of the model PBL inquiry. The sampling technique using cluster random sampling technique was selected tenth grade 5 science PBL model, a class X-IPA 6 Inquiry model. The method of data collection is done by testing that the pretest and posttes, documentation to determine the amount of the population, and photos during the learning process, the observation by observation sheet affective and psychomotor. Having analyzed using average different between two side showed that t count equal to 1,19 and t table 1,67 with 58 degree of freedom and a significance level of 5%. So that t count is smaller than t table then Ho acceptable means to use the model of PBL and inquiry does not give a significant difference. Assessment of learning outcomes can be concluded that there was no difference in cognitive, affective aspects of PBL better class than the class inquiry into aspects Confident, Communicative, and Cooperation. While the acquisition of scores on Critical aspects, Democratic, Courtesy, enthusiasm and curiosity, Responsibility, Mutual Cooperation, Spiritual, and Peace did not differ significantly. Psychomotor aspects of PBL class that maintains the ability better than the class of X-IPA 6, and the other aspect is the presentation materials, understanding the presentation materials, and the sound volume did not differ significantly.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Inquiry; Komparasi; Model Pembelajaran; PBL Comparison; Inquiry; Learning Model; Learning Outcomes; PBL |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 23:02 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 23:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22388 |
Actions (login required)
View Item |