EKSTRAKSI SENYAWA FENOLIK PADA KULIT ARI KACANG TANAH (Arachis Hypogaea L.) MENGGUNAKAN IRRADIASI MICROWAVE DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN


Mega Kurnia Putri , 4311411008 (2015) EKSTRAKSI SENYAWA FENOLIK PADA KULIT ARI KACANG TANAH (Arachis Hypogaea L.) MENGGUNAKAN IRRADIASI MICROWAVE DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4311411008-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (961kB) | Preview

Abstract

Limbah kulit ari kacang tanah (Arachis hypogaea L.) umumnya dihasilkan dari industri kacang yang menghasilkan berbagai produk olahan kacang yang sebagian besar limbahnya belum dimanfaatkan. Hal ini sangat disayangkan karena di dalam kulit ari kacang tanah terkandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Antioksidan alami dari senyawa fenolik kulit ari kacang tanah dapat diperoleh melalui proses ekstraksi kulit ari kacang tanah menggunakan irradiasi microwave. Ekstraksi dengan menggunakan irradiasi microwave pada penelitian ini merupakan ekstraksi dengan bantuan gelombang mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi senyawa yang terkandung di dalam kulit ari kacang tanah, menentukan Total Phenolic Content (TPC) pada berbagai konsentrasi etanol sebagai pelarut, dan perbandingan sampel dan pelarut serta membandingkan aktivitas antioksidan dengan metode DPPH pada ekstrak kulit ari kacang tanah dengan vitamin C dan BHA. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada konsentrasi etanol 96%, dan perbandingan sampel dan pelarut 1:10 dihasilkan ekstrak kulit ari kacang tanah dengan TPC terbesar yaitu 47,80 mg GAE/gr ekstrak. % aktivitas antioksidan kulit ari kacang tanah lebih besar dari BHA, dan lebih kecil daripada vitamin C. (kulit ari kacang tanah = 29,15%, BHA= 24,25%, vitamin C = 96,29%)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kulit ari kacang tanah, senyawa fenolik, aktivitas antioksidan, DPPH
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:00
Last Modified: 13 Nov 2015 23:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22386

Actions (login required)

View Item View Item