PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA
Tri Amallia Seftiana, 4301411036 (2015) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul kimia berbasis PBL pada materi sistem koloid yang dikembangkan dan keefektifan modul yang dikembangkan ditinjau dari hasil belajar dan tanggapan siswa SMA N 5 Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model 4-D yang dimodifikasi, yakni pada tahap keempat tidak dilakukan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kelayakan modul berbasis PBL, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul kimia berbasis PBL oleh pakar memproleh rata – rata skor 3,64 dengan kriteria layak, rata – rata skor tanggapan siswa pada skala kecil mencapai 3,15 dengan kriteria baik. Keefektifan modul kimia berbasis PBL dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa memperoleh rata – rata hasil N-gain sebesar 0,69 dengan kriteria sedang. Pada aspek afektif memperoleh rerata skor 3,24 dengan kriteria baik dan aspek psikomotorik menunjukkan hasil positif dengan rerata skor 3,14 dalam kriteria baik. Tanggapan siswa terhadap modul pada skala besar menujukkan hasil positif dengan rerata skor 3,09. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul kimia berbasis PBL pada materi koloid layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran kimia. This research has aim to know the feasibility and effectivity of develop chemistry module on colloid system with PBL based on the students learning result and students response of SMA N 5 Magelang. The design applied in the research was research and development model of 4D that is modified, the fourth stage is not carried out. The subject of the research was class XI. The data are feasibility of PBL module, the students learning result, and responses from students were analyzed quantitatively and qualitatively. The result show that chemistry module based on PBL assessed by validators got 3,64 in average with the criteria is proper, the students response in small-scale achievement 3,15 with the criteria is good. Chemistry module based PBL effectiveness in increasing the learning result of cognitive aspects got N – gain 0,69 with medium criteria. The aspects of attitude got 3,24 in average with good criteria and the aspects of skill shows positive result 3,14 in average with good criteria. The students responses in largescale shows positive result 3,09 in average. Based on the research result, it could be concluded that chemistry module based on PBL on colloid system was feasible and effective to applied in chemistry learning.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koloid, Modul, Problem Based Learning Colloid System, Chemistry Module, Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 22:58 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 23:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22385 |
Actions (login required)
View Item |