MENINGKATKAN PEMAHAMAN UANG DAN PERBANKAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS X C SMA MUHAMMADIYAH KUDUS


Tommy Meillano, 7101410017 (2015) MENINGKATKAN PEMAHAMAN UANG DAN PERBANKAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS X C SMA MUHAMMADIYAH KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410017-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Observasi awal yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Kudus, diperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dengan guruEkonomikelas X. Bahwasanya metode pembelajaran yang biasa digunakan masih konvensional pada mata pelajaran Ekonomi khususnya pada materi uangdanperbankan kurang variatif yaitu hanya ceramah tanpa variasi. Sedangkan materi yang diajarkan adalah aplikatif yaitu menuntut adanya keterampilan dari siswa. Hal ini dapat menghambat daya kreativitas siswa karena pembelajarannya hanya berlangsung satu arah. Materi yang dirasa sulit dipahami siswa secara umum adalah materi dalam pemahaman dan fungsi guna uang dan perbankan siswa masih banyak yang tidak mengetahui makna dari kedua hal tersebut. Hal tersebut dikarenakan pemahaman dan keaktifan siswa dalam saat pembelajaran dirasa masih. Hal ini diperkuat dengan rata-rata nilai di kelas X tergolong cukup rendah jika dibandingkan dengan kompetensi dasar (KD) lainnya. Dari semua kelas X nilai paling rendah ada di kelas XC. Untuk meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan Metode Discovery dengan media visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Kudus. Prosedur penelitian ini merupakan proses pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan test keterampilan. Hasil penelitian ini diperoleh persentaseketerampilan siswa pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar 67,5% dengan kategori baik dan pada siklus meningkat menjadi 85% dengan kategori amat baik, persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar 80% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kategori amat baik, rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I adalah 76,18 dengan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 71,43% danpada siklus II ratarata kelas meningkat menjadi 86,03 dan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 91,43%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, adanya peningkatan pemahaman siswa dalam fungsi guna uang dan perbankan kelas XC SMA Muhammadiyah Kudus dengan menggunakan metodeDiscovery. Sarannya yaitu guru sebaiknya menggunakan Metode Discovery dengan media visual di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Peningkatan pemahaman uang dan perbankan, Metode Discovery.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:59
Last Modified: 13 Nov 2015 22:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22384

Actions (login required)

View Item View Item