PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA DESTINASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STOIKIOMETRI SISWA X MIA 3 SMA N 1 BAE KUDUS


Min Zahrotil Umami, 4301411033 (2015) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA DESTINASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STOIKIOMETRI SISWA X MIA 3 SMA N 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411033-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, keterampilan generik sains, dan kognitif siswa X MIA 3 SMA 1 Bae Kudus menggunakan metode cooperative learning tipe TGT. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA 3 SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus. Keberhasilan pembelajaran diukur berdasarkan observasi, angket, wawancara dan tes. Hasilnya rata-rata klasikal siklus I, II, dan III yaitu 67,09, 73,84, dan 75,84. Rasio ketuntasan belajar siswa siklus I, II, dan III yaitu 15/32, 17/32, dan 24/32. Aktifitas siswa siklus I, II, dan III berturut-turut 87%, 89% dan 92%. Afektif siswa berdasarkan observasi siklus I, II, dan III berturut-turut 83%, 89%, menjadi 92%. Sedangkat afektif siswa berdasarkan penilaian diri dan penilaian sejawat siklus I, II, dan III yaitu 89%, 90%, menjadi 91%. Keterampilan generik sains siswa meningkat dari nilai N-gain 0,53 pada siklus I, menjadi 0,71 pada siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Bae Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, teams games tournament, hasil belajar, keterampilan generik sains
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 23:04
Last Modified: 13 Nov 2015 23:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22382

Actions (login required)

View Item View Item