Pembuatan Perangkat Lunak Paket Ajar Multimedia Mata Kuliah Instalasi Penerangan dan Tenaga Pokok Bahasan Teknik Penerangan Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Unnes


Faizal Rohman, 5301402007 (2009) Pembuatan Perangkat Lunak Paket Ajar Multimedia Mata Kuliah Instalasi Penerangan dan Tenaga Pokok Bahasan Teknik Penerangan Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembuatan Perangkat Lunak Paket Ajar Multimedia Mata Kuliah Instalasi Penerangan dan Tenaga Pokok Bahasan Teknik Penerangan Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Unnes]
Preview
PDF (Pembuatan Perangkat Lunak Paket Ajar Multimedia Mata Kuliah Instalasi Penerangan dan Tenaga Pokok Bahasan Teknik Penerangan Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Unnes) - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

Banyak programmer yang memiliki kemampuan baik, namun untuk membuat program aplikasi pembelajaran diperlukan pengetahuan lain terutama aspek materi dan strategi instruksional yang akan diterapkan. Materi dan strategi instruksional bagi dosen bukanlah masalah, namun kemampuan pemrograman bagi sebagian besar dosen merupakan masalah. Untuk itu, pembuatan perangkat lunak paket ajar untuk kegiatan pendidikan terutama untuk matakuliah instalasi penerangan dan tenaga perlu dilakukan. Fokus penelitian ini adalah pembuatan program Paket Ajar Multimedia Interaktif dengan memanfaatkan software Macromedia Flash Profesional 8 pada meteri Instalasi Penerangan dan Tenaga pokok bahasan Teknik Penerangan. Data dikumpulkan dengan cara metode angket dan metode check list, Program Paker Ajar Multimedia Interaktif ini telah diujucobakan pada responden pakar media dan Dosen. Adapun ujicoba untuk pakar media dilakukan di Balai Pengembangan Multimedia Semarang dan di lingkungan Jurusan Teknik Elektro Unnes sejumlah 4 orang responden. Sedangkan ujicoba untuk pengampu dilakukan pada beberapa dosen di lingkungan Jurusan Teknik Elektro Unnes sejumlah 10 orang responden. Analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Melihat hasil tampilan program yang telah dibuat, sebagian besar program telah memenuhi syarat suatu program dikatakan sebagai Program Paket Ajar Multimedia Interaktif. Di dalam program terdapat tiga menu utama yaitu petunjuk, profil penulis dan bahan ajar dengan sub menu berupa materi dan quis. Dari data checklist, 88,89 % program yang dibuat telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Menurut responden, secara umum program ini termasuk dalam kategori baik (81,19%), meliputi kesesuaian materi dengan kurikulum (82,22%), topik materi dinyatakan penyampaiannya (84,44%), isi materi relevan dengan yang dipelajari mahasiswa (84,44%), program dapat digunakan sebagai bahan ajar (93,33%) dan pengganti dosen (86,67%) dan soal-soal sudah sesuai dengan kurikulum (93,93%). Sedangkan menurut pakar media, program termasuk kategori baik (82,83%), meliputi kriteria kualitas program tergolong baik (78,16%) dan kriteria kualitas teknis (87,50%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menurut pakar media dan dosen, Paket Ajar Multimedia interaktif yang dihasilkan sudah baik. Saran yang dapat diberikan kepada instansi adalah agar media ini dipergunakan sebagai media pembelajaran/bahan ajar penunjang (suplemen). Untuk langkah selanjutnya program ini masih perlu dikembangkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Paket Ajar, Macromedia Flash, Instalasi Penerangan
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2011 03:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item