PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CHEM-JOYFUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR


Resa Nurul Ulfa , 4301411039 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CHEM-JOYFUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411039-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, dan tanggapan terhadap modul Chem-Joyful sebagai sumber belajar. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Pengumpulan data respon user melalui tahapan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor tiap aspek dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data kelayakan menunjukkan bahwa modul ChemJoyful memperoleh rerata skor tiap aspek sebesar 3,54. Respon user memperoleh rerata skor tiap aspek 3,42 dan 3,48, sedangkan respon dari guru sebesar 3,46 menunjukkan bahwa modul Chem-Joyful memperoleh tanggapan yang positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul Chem-Joyful berbasis inkuiri terbimbing sebagai sumber belajar dinyatakan layak secara teoritis dan mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Has conducted research aims to determine the feasibility of the development of, and responses to Chem-Joyful module as a learning resource. The study design used is a Research and Development (R & D). Data collection techniques used are observation, questionnaire, and documentation. Collecting user response data through the stages of small-scale testing and large-scale trials. The sample used purposive sampling data were analyzed using quantitative descriptive method. In quantitative terms, the data were analyzed by calculating the average score of each aspect and determine the criteria at intervals of a certain class. Results of the feasibility of data analysis showed that the Chem-Joyful module obtaining a mean score of 3.54. Obtain the user's response mean score of 3.42 and 3.48 every aspect, while the response of teachers of 3.46 indicates that the module Chem-Joyful obtain a positive response. Based on these results it can be concluded that the module Joyful Chem-based guided inquiry as a learning resource declared eligible and to get a positive response from users.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul, inkuiri terbimbing, joyful learning guided inquiry; feasibility; module; response
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:54
Last Modified: 13 Nov 2015 23:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item