PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI DAN MEMPRAKTIKKAN CARA MEMBUAT KOMUNIKASI TULIS DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN


Muh Arif, 7101410011 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI DAN MEMPRAKTIKKAN CARA MEMBUAT KOMUNIKASI TULIS DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410011-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum merupakan suatu langkah berbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran, oleh karena itu model yang diterapkan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013, serta sesuai dengan karakteristik materi yang dipelajari. Pembelajaran korespondensi di SMK Widya Praja Ungaran menggunakan metode konvensional, hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tidak optimal. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa hanya 38%, dengan persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 27%. Hal ini menjadi pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 SMK Widya Praja Ungaran, yang berjumlah 45 siswa. Peneliti bertindak sebagai guru yang mengajar mata pelajaran korespondensi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan model Problem Based Learning. Hasil observasi pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 72,37%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,37%. Rata-rata hasil tes evaluasi belajar siklus I yaitu 81, dengan ketuntasan klasikal 78%. Rata-rata hasil tes evaluasi belajar siklus II menjadi 84, dengan ketuntasan klasikal mencapai 87%. Simpulan penelitian ini adalah, model Problem Based Learning mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengidentifikasi dan mempraktikkan cara membuat komunikasi tulis di SMK Widya Praja Ungaran. Saran bagi siswa adalah siswa lebih berpartisipasi secara aktif dalam diskusi, siswa lebih dahulu memahami materi diskusi, dan siswa dapat menemukan sendiri berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan skenario permasalahan. Saran bagi guru adalah guru harus mempunyai kemampuan pengelolaan kelas, guru dapat menghubungkan pemasalahan dengan materi, serta guru dapat menjadi fasilitator bagi siswa, agar siswa dapat berpartisipasi secara aktif menyampaikan pendapat, mencari informasi, serta bekerjasama untuk memecahan skenario permasalahan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Komunikasi Tulis, dan Problem Based Learning.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:49
Last Modified: 13 Nov 2015 22:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item