PEMBUATAN BIODIESEL MINYAK BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) MELALUI PROSES TRANSESTERIFIKASI MENGGUNAKAN KATALIS KULIT TELUR


Rizki Maulida , 4311410018 (2015) PEMBUATAN BIODIESEL MINYAK BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) MELALUI PROSES TRANSESTERIFIKASI MENGGUNAKAN KATALIS KULIT TELUR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4311410018-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin bertambahnya jumlah populasi di dunia dan meningkatnya jenis kebutuhan manusia seiring dengan berkembangnya zaman, mengakibatkan kebutuhan akan energi semakin meningkat sehingga dibutuhkan sumber energi alternatif terbarukan seperti biodiesel. Salah satu cara menyediakan bahan bakar alternative (biodiesel) pengganti bahan bakar minyak adalah dengan memanfaatkan hasil transesterifikasi minyak biji pepaya dengan katalis kulit telur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik biodiesel dan massa optimum katalis kulit telur pada reaksi transesterifikasi minyak biji pepaya. Manfaat penelitian ini untuk mendapatkan mendapatkan randemen biodiesel yang tinggi dengan rasio massa katalis yang terbaik. Metode penelitian, proses transesterifikasi dilakukan dengan mereaksikan minyak biji pepaya dengan metanol dengan rasio minyak : metanol yaitu 1:6 dan variasi penambahan katalis 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, dan 5 gram pada masing-masing reaksi pada suhu 60 °C dengan kecepatan pengadukan 100 rpm. Hasil transesterifkasi kemudian dimurnikan dengan Na2SO4 anhidrat setelah itu diuji dengan GC, GC-MS, FTIR. Hasil biodiesel dengan randemen tertinggi yaitu rasio massa katalis 4 gram mengasilkan 32,92731% metil ester yang terkonversi menjadi biodiesel. Dari hasil GC-MS didapatkan senyawa asam oleat dan metil 9,12- oktadekadienoat. Hasil FTIR menunjukkan daerah serapan C-H alkana; C=O aldehid, keton, asam karboksilat,ester; C-O alkohol, eter, asam karboksilat, ester; dan C-H alkena.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minyak biji pepaya, transesterifikasi, biodiesel.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:37
Last Modified: 13 Nov 2015 22:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item