PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, PROFITABILITAS, MEDIA EXPOSURE DAN UMUR PERUSAHAAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)


Faisal Nur Fahmi, 7211411011 (2015) PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, PROFITABILITAS, MEDIA EXPOSURE DAN UMUR PERUSAHAAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211411011-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh besarnya manfaat pengungkapan CSR bagi perusahaan antara lain sebagai alat perusahaan membangun citra baik agar perusahaan mendapatkan legitimasi dari masyarakat, disisi lain penerapan CSR di indonesia masih relatif rendah baik dari segi kualitas maupun kuantitas dibuktikan dengan berbagai penelitian dan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar yang terjadi sebagai dampak dari operasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ukuran dewan komisaris, profitabilitas, media exposure dan umur perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan 2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian adalah 64 perusahaan, dengan tiga tahun pengamatan. Jadi total sampel yang diteliti adalah 192. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil melalui teknik dokumentasi yaitu annual report perusahaan high profile tahun 2011 sampai dengan 2013. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia. Sementara itu umur perusahaan dan media exposure tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan high profile. Simpulan dari penelitian ini yakni profitabilitas dengan proksi ROA dan ukuran dewan komisaris terbukti mampu meningkatkan pengungkapan corporate social responsibility perusahaan, sedangkan variabel umur perusahaan dan media exposure tidak mempengaruhi pengungkapan CSR. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengambil periode penelitian yang lebih panjang, menambahkan atau menggunakan variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan item GRI terbaru. The benefit of corporate social responsibility disclosure either as the way to get the image and license to operate bussines of the company in the public. Event though the CSR disclosure implementing on Indonesia have low in quantity and quality, it is attested by the research and environmental phenomena as the effect of the company operation. This research is aimed at obtaining empirical evidence about the influance of board of commissioner, profitability, media exposure and company age toward corporate social resposibility disclosure. The Population is high profile company listed in indonesia stock exchange from 2011 until 2013. The sampling technique used is purposive sampling method. The research sample are sixty four companies, with three years period. Total sample researched was one hundred ninety two. The data used were the secondary data collected through documentation consisting of annual report. The method used for analyzing data was multiple regression analysis. The result shows that board of commissioner and profitability significantly affect the corporate social responsibility disclosure. Company age and media exposure have no affect to the corporate social responsibility disclosure on high profile company. The research concludes that profitabilitas with ROA proxy and the number of board of commissioner proved to be able to improve corporate social responsibility disclosure. Company age and media exposure have not influent the CSR disclosure. The Suggestion for futher researchers are to take more time researching period, add or use other variable was not used in this research and use new GRI item.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Media Exposure, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Umur Perusahaan. Board of commissioners, Company age, Corporate Social Responsibility, Media Exposure, Profitability.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:35
Last Modified: 13 Nov 2015 22:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22362

Actions (login required)

View Item View Item