PENGARUH KARAKTERISTIK, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA (Studi Kasus Industri Baja di Kota Semarang)


Desy Yanti Tri W.A.T, 7111411002 (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA (Studi Kasus Industri Baja di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111411002-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sektor industri mempunyai peranan yang cukup penting dalam menyumbang PDRB di Kota Semarang. Sektor industri juga mampu membantu mengurangi pengangguran karena sebagian besar penduduk Kota Semarang bekerja di sektor industri. Walaupun begitu laju pertumbuhan PDRB sektor industri cukup rendah di bandingkan sektor lain. Sub sektor logam dasar besi dan baja merupakan sub sektor yang laju pertumbuhannya paling rendah. Seharusnya dengan banyaknya tenaga kerja yang bekerja di sektor industri mampu meningkatkan produktivitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara usia, tingkat pendidikan, masa kerja, dan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data cross section yang diuji dengan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Pengujian secara individual menggunakan uji t-statistik dan pengujian secara bersama-sama menggunakan uji F-statistik, pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews.Hasil penelitian ini adalah variabel usia berpengaruh positif dan signifikan yaitu sebesar 7,099996. Variabel tingkat pendidikan berpengaruh positif tapi tidak signifikan yaitu sebesar 1,094539. Variabel masa kerja berpengaruh negatifdan signifikan yaitu sebesar -2,859298. Dan variabel keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikanyaitu sebesar 8,060652. Variabel usia, tingkat pendidikan, masa kerja, dan keselamatan dan kesehatan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja pada industri baja di Kota Semarang dengan probabilitas 0,000000.Saran yang diberikan adalah agar perusahaan lebih memperhatikan kemampuan yang dimiliki tenaga kerjanya dari berbagai aspek (usia, tingkat pendidikan, masa kerja, keselamatan dan kesehatan kerja) agar produktivitas yang dihasilkan lebih maksimal. Dan tenaga kerja juga perlu meningkatkan kualitas dirinya seperti mengikuti pelatihan atau trainingyang diadakan di perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Produktivitas Tenaga Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:32
Last Modified: 13 Nov 2015 22:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item