PENGARUH VARIABEL EKONOMI TERHADAP JUMLAH SEPEDA MOTOR DI INDONESIA


Bona Saoloan Sitio, 7111410023 (2015) PENGARUH VARIABEL EKONOMI TERHADAP JUMLAH SEPEDA MOTOR DI INDONESIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111410023-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan sepeda motor di Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai pasar bagi produk otomotif negara lain. Dalam perkembangan sepeda motor di Indonesia selama 30 ini, perkembangan sepeda motor mengalami peningkatan disetiap tahunnya, dan hanya sekali mengalami penurun. Perkembangan sepeda motor yang begitu pesat di Indonesia memberikan dampak yang luasbagi lingkungan sekitarnya. Keberadaan sepeda motor sangat membantu karena dapat digunakan sebagai moda transportasi dan juga bisa digunakan sebagai penunjang kegiatan perekonomian. Pesatnya jumlah sepeda motor ini tidak lepas dari jumlah penduduk yang terus bertambah sehingga dalam melakukan aktifitasnya tentu membutuhkan sara dan prasarana yang dapat menunjang. Sepeda motor yang banyak menjadi pilihan masyarakat karena dianggap lebih praktis dalam penggunaannya serta harga yang tidak terlalu mahal. Peningkatan sepeda motor ini belum diimbangi dengan pembangunan jalan yang berkualitas sehingga sering mengakibatkan kecelakaan dijalanan dan sepeda motor merupakan kendaraan yang sering mengalami kecelakaan di jalanan.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data time series berdasarkan tahun periode 1980-2012. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik, IMF, Dinas PU. Metode analisis yang digunakan adalah Ordinary Least Square (OLS). Pengujian secara parsial digunakan dengan uji t-statistik dan pengujian serempak digunakan dengan uji F-statistik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kendaraan bermotor di Indonesia. GDP berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah sepeda motor di Indonesia. Panjang jalan berpengaruh negatif dan signifikan karena pembangunan jalan di Indonesia masih berfokus pada perbaikan jalan, penambahan panjang jalan masih sangat kecil serta tindak korupsi yang sering terjadi. inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan karena adanya kredit dalam pembelian sepeda motor dan kerjasama produsen sepeda motor dengan pihak non bank dalam membatu pembelian sepeda motor. Saran dalam penelitian ini pemerintah harus meningkatkan kualitas pembangunan jalan sebagai infrastruktur guna menunjang pengguna jalan karena pengguna sepeda motor merupakan korban terbanyak dalam kecelakaan dijalanan serta peningkatan pembangunan agar dapat mengurangi kemecetan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Sepeda Motor, Jumlah Penduduk, PDB, Panjang jalan, dan Ordinary Least Square
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:24
Last Modified: 13 Nov 2015 22:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22354

Actions (login required)

View Item View Item