ANALISIS KONVERGENSI ANTAR PROVINSI DI INDONESIA SETELAH PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH TAHUN 2001-2012


Andrian Syah Malik, 7111410005 (2015) ANALISIS KONVERGENSI ANTAR PROVINSI DI INDONESIA SETELAH PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH TAHUN 2001-2012. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111410005-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi seperti suku bangsa, budaya, sumber daya alam, pendidikan, sosial dan ekonomi di setiap daerah. Untuk mengatur tingkat keanekaragaman tersebut, pembangunan di tingkat daerah diatur oleh pemerintah pusat dengan menjadikan pulau Jawa sebagai pusat perekonomian nasional. Hal tersebut membuat provinsi-provinsi yang kaya sumber daya alam menuntut pemberian transfer anggaran yang lebih dan pemberian hak dan wewenang kepada tiap-tiap daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan di tingkat daerah.Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu pertama, mengindentifikasi tingkat konvergensi di Indonesia setelah pelaksanaan otonomi daerah.Kedua, menganalisis pengaruh penanaman modal asing (PMA), dana perimbangan dan indeks pembangunan manusia (IPM)terhadap pertumbuhan PDRB per kapita di Indonesia setelah pelaksanaan otonomi daerah tahun 2001-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penghitungan konvergensi sigma menggunakan standar deviasi log PDRB per kapita antar provinsi, sementarapenghitungan konvergensi beta menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan fixed effect model.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi konvergensi sigma dan konvergensi beta setelah pelaksanaan otonomi daerah tahun 2001-2012. Penanamanmodal asing (PMA), dana perimbangan dan indeks pembangunan manusia (IPM)berpengaruh posittif terhadap pertumbuhan PDRB per kapita di Indonesia setelah pelaksanaan otonomi daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konvergensi, Otonomi Daerah, Penanaman Modal Asing, Dana Perimbangan, Indeks Pembangunan Manusia.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:20
Last Modified: 13 Nov 2015 22:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item