UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA KOMPETENSI DASAR MENDISKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBER DAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII-A SMPN 3 KARANGRAYUNG


Siti Nurhayati, 7101409228 (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA KOMPETENSI DASAR MENDISKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBER DAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII-A SMPN 3 KARANGRAYUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409228-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran turut berperan dalam menentukan hasil belajar siswa. Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-A SMPN3 Karangrayung pada kompetensi dasar hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai 73,16 dan persentasi ketuntasan klasikal sebesar 50%, yaitu 16 dari 32 siswa mendapat nilai yang tidak memenuhi KKM. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 3 Karangrayung yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata keaktifan siswa secara klasikal adalah 68% dengan ketuntasan klasikal 66%. Pada siklus II, rata-rata keaktifan siswa secara klasikal adalah 82% dan ketuntasan klasikal mencapai 81,25%. Hal ini menunjukkan bahwa pada penelitian ini hasil penelitian pada siklus I dan siklus II mengalami kenaikan rata-rata keaktifan siswa sebanyak 14% dan hasil belajar siswa sebanyak 15%. Kesimpulan hasil penelitian ini, ada peningkatan pada hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada kompetensi dasar mendiskripsikan hubungan kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas kelas VIII A SMPN 3 Karangrayung. Saran dari penelitian ini adalah agar hasil belajar siswa meningkat sebaiknya diterapkan model pembelajaran yang dapat memberi kesempatan siswa agar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:32
Last Modified: 13 Nov 2015 22:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item