KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PROBLEM POSING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA


Handayani Pratina Nugroho, 4101411089 (2015) KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PROBLEM POSING PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411089-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika SMK. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang inovatif. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Problem Posing pada kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan true experimental designs dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Mojosongo tahun pelajaran 2014/2015 dengan sampel diambil secara acak dan terpilih dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Problem Posing dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Data berupa hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang diuji dengan uji proporsi dan uji beda rata-rata, hasil tingkat disposisi matematik dengan uji beda rata-rata, dan uji regrasi untuk mengetahui pengaruh disposisi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen I mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen II mencapai ketuntasan belajar, (3) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol mencapai ketuntasan belajar, (4) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen I lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen II lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol, (5) rata-rata disposisi matematik siswa kelas eksperimen I lebih dari rata-rata disposisi matematik siswa dengan kelas eksperimen II lebih dari rata-rata disposisi matematik siswa kelas kontrol, (6) terdapat pengaruh disposisi matematik siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen I, (7) terdapat pengaruh disposisi matematik siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen II.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:16
Last Modified: 23 Nov 2015 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22345

Actions (login required)

View Item View Item