PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XII Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK PGRI 01 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014)


Firman Setyadi Pri Hartarto, 7101409169 (2015) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XII Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK PGRI 01 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409169-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data dan informasi bahwa hasil belajar siswa kelas XII Program Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Mengelola Sistem Kearsipan di SMK PGRI 01 Semarang masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru, fasilitas belajar, dan hasil belajar? (2) Adakah pengaruh kompetensi profesioanl guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kompetensi profesional guru, fasilitas belajar, dan hasil belajar siswa. (2) Pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang berjumlah 73 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel kompetensi profesioal guru (X1), fasilitas belajar (X2), dan hasil belajar siswa (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan; Y = 3,646 + 0,456X1 + 0,434X2. Uji F diperoleh F hitung=17,322 sehingga H1 diterima. Secara parsial (uji t) variabel kompetensi profesional guru (X1) diperoleh thitung=3,239 sehingga H2 diterima. Variabel fasilitas belajar (X2) diperoleh thitung=3,058 sehingga H3 diterima. Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 31,2%. Secara parsial (r2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar sebesar 13,03% dan pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar secara parsial sebesar 11,76%. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi profesional guru dalam kategori baik sebesar 75,45% dan fasilitas belajar dalam kategori baik sebesar 72,50%. Kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun secara parsial. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya membuka pelajaran dengan hal yang dapat memotivasi siswa. Sekolah harus mempunyai laboratorium kearsipan untuk menunjang proses belajar mengajar. Guru hendaknya memberikan buku wajib kepada siswa sebagai buku pegangan kearsipan untuk mempermudah siswa dalam belajar, kemudian siswa maupun pihak sekolah sebaiknya merawat dengan baik peralatan praktik kearsipan seperti guide, folder, map, stapler, kartu kendali dan kartu pinjam arsip karena peralatan tersebut sebagian dibuat sendiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:15
Last Modified: 13 Nov 2015 22:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22344

Actions (login required)

View Item View Item