PROFIL PDAM KABUPATEN SEMARANG (TAHUN 2008 SAMPAI DENGAN 2011)


Riza Firmanda, 711140927 (2015) PROFIL PDAM KABUPATEN SEMARANG (TAHUN 2008 SAMPAI DENGAN 2011). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7111409027-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

PDAM Kabupaten Semarang merupakan Perusahaan Daerah yang bergerak di bidang air minum, yang bersifat public utility. Hal ini berarti penekanan bidang usaha penyediaan air minum bukan terletak pada tujuan meraih laba, tetapi tujuan utama adalah mencukupi kebutuhan masyarakat akan air bersih. Kegiatan utamanya meliputi penyediaan, pengembangan pelayanan sarana dan prasarana serta distribusi air bersih.Tujuan lainnya adalah ikut serta mengembangkan perekonomian guna menunjang pembangunan daerah dengan memperluas lapangan pekerjaan, serta mencari laba sebagai sumber utama pembiayaan bagi daerah.Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui profil PDAM Kabupaten Semarang yang terdiri dari Cabang ungaran, Ambarawa dan Salatigaterkait jumlah biaya, volume penjualan, jumlah pendapatan, jumlah pelanggan, dan jumlah pengaduan.Data sekunder yang digunakan tahun 2008-2011, dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan; jumlah biaya operasional yang dikeluarkan oleh PDAM Cabang Ungaran periode tahun 2008-2011 berfluktuasi. Volume penjualan, jumlah pendapatan, dan jumlah pelanggan mengalami peningkatan, dan prosentase pengaduan hanya 5%.Pada PDAM Cabang Ambarawa, jumlah biaya operasional, volume penjualan, jumlah pendapatan, dan jumlah pelanggan meningkat, prosentase pengaduan 11%.PDAM Cabang Salatiga,jumlah biaya oprasional volume penjualan, dan jumlah pendapatanmeningkat, prosentase pengaduan hanya 2%.Saran; PDAM Kabupaten Semarang dapat menekan biaya kerugian yang dikarenakan kebocoran, dengan cara mengkontrol penggunaan pipa tua. Volume produksi ditingkatkan, promosi yang lebih gencar, dan semakin meminimalisir jumlah pengaduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Biaya, Jumlah Pelanggan, Volume Penjualan, Jumlah Pendapatan, dan Kepuaasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:16
Last Modified: 13 Nov 2015 22:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item View Item