PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENATA DOKUMEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 CEPU

Jatu Parmawati, Jatu Parmawati (2014) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENATA DOKUMEN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 CEPU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2824Kb)

    Abstract

    Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran menata dokumen siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Cepu masih sangat sedikit. Siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru dengan metode ceramah secara keseluruhan.Aktivitas-aktivitassiswa yang ditemukan hanya mencakup aktivitas mendengarkan dan aktivitas menulis. Aktivitas belajar yang lain seperti bertanya, mengemukakan pendapat, menjelaskan hasil diskusi kelompok, memecahkan permasalahan bersama dengan teman belum sepenuhnya terlihat. Hasil nilai ulangan harian siswa masih dalam kategori rendah. Nilai ulangan harian pertama siswa menunjukkan bahwa dari 32 siswa, hanya 18,75% yang tuntas, sedangkan 81,25% lainnya tidak tuntas dan pada ulangan harian kedua siswa menunjukkan bahwa dari 32 siswa, hanya 34,37% yang tuntas, sedangkan 65,63% lainnya tidak tuntas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP 1 masih rendah.Oleh karena itu, peneliti akan menerapkan pendekatan saintifikdengan model pembelajaranProblem Based Learning untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 yang berjumlah 32 siswa.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) kolaborasiantara guru danpeneliti.Metodepengumpulan data menggunakanmetodedokumentasi, observasi, tes, danangket.Teknik analisisdatanyaadalahdeskriptifpersentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66,28% dan meningkat pada siklus II menjadi 73,23% dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 81,67%. Hasil belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 53,12% meningkat pada siklus II sebesar 59,38% dan meningkat lagi sebesar 78,12%. Kesimpulanpenelitian iniadalah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran menata dokumen. Saran penelitian ini adalahpihak sekolah hendaknya memberikan informasi dan pelatihan pada guru tentang model pembelajaran. Bagi guru hendaknya memberikan motivasiberupa pujian atau nilai tambahan bagi siswa yang berani menanggapi kelompok lain dan seorang guru hendaknya mampu menguasai model pembelajaran yang lain agar lebih banyak variasi selama pembelajaran di kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Problem Based Learning.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 17:04
    Last Modified: 13 Nov 2015 17:04

    Actions (login required)

    View Item