FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN KECURANGAN (FRAUD) MANAJEMEN PENDIDIKAN DI KABUPATEN SEMARANG: PERSEPSI PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN, MANAJEMEN SEKOLAH, GURU, DAN MURID

Agung Supriyo, 7211409068 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN KECURANGAN (FRAUD) MANAJEMEN PENDIDIKAN DI KABUPATEN SEMARANG: PERSEPSI PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN, MANAJEMEN SEKOLAH, GURU, DAN MURID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3061Kb)

    Abstract

    Kecurangan adalah kesalahan yang sengaja dilakukan untuk memperoleh keuntungan dengan cara merugikan pihak lain. Kecurangan dalam manajemen sekolah dapat mengurangi kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi Pegawai Dinas Pendidikan, Manajemen Sekolah, Guru, dan Murid terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan kecurangan. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner dengan responden sebanyak 96 Pegawai Dinas Pendidikan, 92 Manajemen SMA, 95 Guru SMA, dan 96 Murid SMA di Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan full model Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis smartPLS 1.10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penegakan peraturan tidak berpengaruh terhadap kecurangan pegawai Dinas Pendidikan, manajemen SMA, guru, dan murid. Keadilan distributif berpengaruh negatif terhadap kecurangan pada pegawai Dinas Pendidikan dan murid, pada manajemen SMA terdapat pengaruh positif, tetapi tidak berpengaruh pada kecurangan guru. Keadilan prosedural berpengaruh negatif terhadap kecurangan pegawai Dinas Pendidikan, tetapi tidak berpengaruh pada kecurangan manajemen SMA, Guru, dan Murid. Keefektifan pengendalian internal berpengaruh negatif terhadap kecurangan pegawai Dinas Pendidikan, Manajemen sekolah, guru, dan murid. Perilaku tidak etis tidak berpengaruh terhadap kecurangan pegawai Dinas Pendidikan dan murid, tetapi pada Manajemen SMA dan Guru berpengaruh positif. Budaya etis organisasi tidak berpengaruh terhadap kecurangan pegawai Dinas Pendidikan, Manajemen SMA, guru, dan murid. Komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap kecurangan pegawai Dinas Pendidikan, Manajemen SMA, dan murid, tetapi tidak berpengaruh pada kecurangan guru. Saran dalam penelitian ini, diharapkan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah agar lebih memperkuat sistem pengendalian internal dan memberikan sanksi yang tegas untuk setiap pelanggaran peraturan yang terjadi di instansi mereka. Hal ini dapat menekan tingkat kecenderungan kecurangan (fraud) yang akan dilakukan oleh pihak-pihak yang berperilaku tidak etis dilingkungan instansi. Fraud is a deliberate mistake to make profits in a manner detrimental to the other party. Cheating in school management can reduce the quality of education. This study aims to explore the perceptions of staff of Department of Education, School of Management, Teachers, and Students of the factors that influence the tendency of cheating. This study used questionnaires to the respondents as many as 96 staff of Department of Education, School of Management 92, 95 high school teachers, and 96 high school student in Semarang district. The sampling technique used purposive sampling. Methods of data analysis using a full model of Structural Equation Modeling (SEM) with 1:10 smartPLS analysis tools. The results showed that the enforcement of the rules does not affect the employee fraud Office of Education, school management, teachers, and students. Distributive justice negatively affect employee fraud in the Department of Education and the students, the school management there is a positive effect, but no effect on teacher cheating. Procedural fairness negatively affect employee fraud Office of Education, but has no effect on the management of cheating in high school, Teachers, and Students. The effectiveness of the internal control negatively affect employee fraud Office of Education, school management, teachers, and students. Unethical behavior does not affect the employee fraud Office of Education and the students, but the school management and teachers have positive influence. Ethical culture of the organization does not affect the employee fraud Office of Education, School of Management, teachers, and students. Organizational commitment negatively affect employee fraud Office of Education, School of Management, and the student, but had no effect on teacher cheating. Suggestions in this study, it is expected the Department of Education and the school in order to further strengthen the internal control systems and provide strict sanctions for any violation of the regulations that occurred in their institutions. It can suppress the level of fraud tendencies to be performed by the parties behave unethically within the agency.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kecenderungan Kecurangan, Persepsi, Manajemen Sekolah Fraud, Perception, Education of Management.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 17:04
    Last Modified: 13 Nov 2015 17:04

    Actions (login required)

    View Item