KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN


Maslukhah Rusma Wardani, 4101411085 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411085-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya peringkat Indonesia dalam survei TIMSS dan studi PISA menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP Negeri 2 Ambarawa diperoleh informasi bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah dan siswa masih kesulitan dalam mempelajari materi lingkaran. Model pembelajaran yang sering digunakan guru matematika di SMP Negeri 2 Ambarawa adalah model pembelajaran ekspositori. Selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori, kemampuan komunikasi matematis siswa masing kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttes-Only Control Design yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan pemberian tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Time Token dengan Performance Assessment dapat mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Time Token dengan Performance Assessment lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran ekspositori dengan Performance Assessment. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran efektif. Saran yang dapat disumbangkan berkaitan dengan penelitian ini adalah model pembelajaran Time Token dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Time Token, Performance Assessment, Komunikasi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:01
Last Modified: 13 Nov 2015 22:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item