DESKRIPSI KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN QUESTIONS BOX PADA MATERI LAYANG-LAYANG DAN TRAPESIUM SISWA KELAS VII


Kholifatul Azizah, 4101411072 (2015) DESKRIPSI KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN QUESTIONS BOX PADA MATERI LAYANG-LAYANG DAN TRAPESIUM SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411072-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran cooperative script berbantuan questions box sehingga diperoleh level komunikasi matematis 4 (sangat baik), 3 (baik), 2 (cukup baik), 1 (kurang baik) dan 0 (tidak baik). Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Secang, Kabupaten Magelang yaitu 2 siswa dengan level komunikasi matematis 4 (sangat baik), 2 siswa dengan level komunikasi matematis 3 (baik), 2 siswa dengan level komunikasi 2 (cukup baik), 2 siswa dengan level komunikasi matematis 1 (kurang baik) dan 1 siswa dengan level komunikasi matematis 0 (tidak baik). Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalis dengan mengacu pada indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu mathematical register dan representations. Mathematical register terdiri dari: 1) kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai permasalahan (KKM 1), 2) kemampuan menuliskan jawaban sesuai dengan maksud soal (KKM 2), 3) kemampuan menuliskan alasan-alasan dalam menjawab soal (KKM 3), dan 4) kemampuan membuat simpulan secara tertulis dengan menggunakan bahasa sendiri (KKM 4). Indikator representations terdiri dari: 1) kemampuan membuat gambar yang relevan dengan soal (KKM 5), dan 2) kemampuan menuliskan simbol-simbol matematika (KKM 6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 subjek penelitian dengan level 4 (sangat baik) menguasai KKM 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dengan baik. Subjek penelitian dengan level 3 (baik) menguasai keenam KKM dengan baik, tetapi KKM 1 tidak dituliskan dengan lengkap. Subjek penelitian dengan level 2 (cukup baik) menguasai KKM 1, 3, 6 dengan cukup baik tetapi untuk KKM 2 dan 5 kurang tepat ditandai dengan penulisan satuan luas yang salah dan gambar yang kurang tepat. Subjek penelitian dengan level 1 (kurang baik) kurang menguasai keenam KKM dengan baik sehingga jawaban yang diberikan kurang tepat. Subjek penelitian dengan level 0 (tidak baik) tidak menguasai keenam KKM dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru memberikan pemahaman kepada siswa dengan level komunikasi matematis 4 dan 3 agar lebih teliti dalam memahami soal, membiasakan dan membimbing siswa dengan level 2 agar dapat memahami dan memberikan jawaban sesuai maksud soal, melatih dan membimbing siswa dengan level 1 dan 0 agar mampu memahami soal, menggambar, memberikan jawaban yang sesuai dengan maksud soal, serta membuat simpulan secara tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Cooperative Script, Questions Box.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:57
Last Modified: 13 Nov 2015 21:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item