MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DI KELAS X AP 1 SMK HIDAYAH SEMARANG


Hasni Rahmawati, 7101409084 (2015) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DI KELAS X AP 1 SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409084-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal diperoleh data yang menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa kelas X AP 1 tergolong rendah yaitu hanya sebesar 52 %. Siswa di kelas tersebut cenderung pasif hanya beberapa siswa yang bertanya dan mengemukakan pendapat pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah penerapan model pembelajaran tipe probing prompting dapat meningkatkan keaktifan siswa? dan apakah peningkatan keaktifan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Hidayah Semarang yang terdiri dari 18 siswa. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian tindakan kelas dan analisis regresi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata keaktifan siswa sebesar 62,4% dalam kategori cukup aktif, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,20 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67%. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata keaktifan siswa sebesar 72% dalam kategori tinggi, ratarata hasil belajar sebesar 79,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72%. Untuk hasil penelitian siklus III menunjukkan rata-rata keaktifan siswa sebesar 78,88% dalam kategori tinggi, rata-rata hasil belajar sebesar 84,375 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran melalui penerapan model pembelajaran probing prompting. Saran yang diberikan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar adalah dengan cara siswa diwajibkan untuk bisa memberikan pendapatnya saat guru memberikan pertanyaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Model Pembelajaran Tipe Probing Prompting.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:59
Last Modified: 13 Nov 2015 21:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22333

Actions (login required)

View Item View Item