EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TTW DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA


Yuni Sispurwanti, 4101411067 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TTW DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411067-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP Negeri 7 Semarang, Bapak Subawa, S.Pd., variasi pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan potensi pada diri siswa tidak berkembang termasuk kemampuan berpikir kreatif. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang menunjang pembelajaran efektif. Strategi yang dimaksud adalah strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan Open-Ended melalui Hands On Activity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII pada materi segiempat dalam strategi pembelajaran TTW dengan pendekatan Open-Ended melalui Hands On Activity mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif. Desain Penelitian ini menggunakan tipe Pre-Experimental Design dengan bentuk One Shoot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII G yang disebut kelas ekperimen dengan diberi perlakuan strategi pembelajaran TTW dengan pendekatan Open-Ended melalui Hands On Activity. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Kelas eksperimen diberikan tes dengan instrumen yang sudah dianalisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran tiap butir soal. Data yang diperoleh merupakan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, dan uji proporsi satu pihak, pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII pada materi segiempat dalam pembelajaran TTW dengan pendekatan Open-Ended melalui Hands On Activity mencapai ketuntasan belajar dengan 90% siswa mencapai ketuntasan dan rata-ratanya 81,1. Simpulan yang diperoleh adalah kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat kelas VII dalam strategi pembelajaran TTW dengan pendekatan Open-Ended melalui Hands On Activity dapat mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi TTW, pendekatan open-ended, hands on activity, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:54
Last Modified: 13 Nov 2015 21:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22330

Actions (login required)

View Item View Item