PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH JENIS PENGGANDAAN DOKUMEN YANG SESUAI DI SMK NASIONAL PATI

Lova Lovieana, 7101409003 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH JENIS PENGGANDAAN DOKUMEN YANG SESUAI DI SMK NASIONAL PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2767Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi yang dilakukan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Menangani Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen masih banyak siswa yang belum aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Pati pada kompetensi dasar memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terjadi kenaikan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus 1 dan siklus 2, dengan jumlah rata-rata siklus I (satu) mendapat skor sebesar 16 yang termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II (dua) naik menjadi 26,4. Dimana siswa sudah aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sebagian besar siswa sudah banyak yang mengajukan pertanyaan dari materi yang menurut siswa belum memahami, siswa juga banyak yang mencatat poin-poin penting yang disampaikan pada saat kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kompetensi dasar memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Pati. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian antara lain : (1) Persiapan dan perencanaan yang disesuaikan dengan materi untuk menyajikan kegiatan pembelajaran. (2) Sebaiknya siswa dikelompokkan untuk mengerjakan tugas kelompok agar siswa lebih aktif dalam KBM. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam bekerjasama dalam kelompok dan saling memberikan dorongan antar siswa dengan menggunakan ketrampilan-ketrampilan yang sudah dilatihkan dalam pembelajaran ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament , Aktivitas Belajar.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 16:53
    Last Modified: 13 Nov 2015 16:53

    Actions (login required)

    View Item