PENERAPAN PBL DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT


Ika Latifatun Nikmah, 4101411062 (2015) PENERAPAN PBL DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411062-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan tanggung jawab siswa kelas VII SMP Negeri 38 Semarang masih belum optimal sehingga diperlukan model dan pendekatan pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-ended dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan tanggung jawab siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bahwa hasil belajar siswa yang dikenai pembelajaran model PBL dengan pendekatan open-ended mencapai ketuntasan belajar; (2) mengetahui bahwa rata- rata hasil belajar siswa yang dikenai model PBL dengan pendekatan open-ended lebih dari pembelajaran CTL pada materi pokok segiempat; (3) meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran model PBL dengan pendekatan open-ended pada materi pokok segiempat; (4) meningkatkan tanggung jawab siswa kelas VII pada pembelajaran model PBL dengan pendekatan open- ended pada materi pokok segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang tahun pelajaran 2014/2015 semester II sebanyak 160 siswa. Dua kelompok dipilih secara acak untuk digunakan sebagai sampel, yaitu sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan tes. Kedua kelompok diberi pretest dan posttest dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, uji gain dan uji beda rata-rata berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang dikenai pembelajaran model PBL dengan pendekatan open-ended mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata hasil belajar siswa yang dikenai model PBL dengan pendekatan open-ended lebih dari pembelajaran CTL kelas VII pada materi pokok segiempat; (3) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran model PBL dengan pendekatan open-ended pada materi pokok segiempat; (4) terdapat peningkatan tanggung jawab siswa kelas VII pada pembelajaran model PBL dengan pendekatan open-ended pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, Pendekatan open-ended, hasil belajar siswa, tanggung jawab siswa, segiempat.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:36
Last Modified: 13 Nov 2015 21:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22326

Actions (login required)

View Item View Item